‘ICT Kampus Dorong Blended dan Mobile’

Gedung Universitas Bunda MuliaJakarta, Pemanfaatan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (ICT) dewasa ini, akan menjadi tolok ukur kemajuan di berbagai bidang, khususnya dalam dunia pendidikan.

Hal tersebut yang disampaikan oleh Once Kurniawan, Wakil Rektor Bidang Akademik, Universitas Bunda Mulia (UBM), kepada detikINET, Sabtu (18/3/2007).

Menurut Once, dengan adanya implementasi ICT hingga ke dalam kampus, akan mendorong baik para mahasiswa maupun tenaga pengajar untuk mendapatkan wawasan yang lebih luas.

“Sekedar contoh di UBM ini, mahasiswa dan dosen menerapkan strategi belajar-mengajar yang dinamakan blended dan mobile,” ujar Once disela-sela tugasnya sebagai moderator dalam acara ‘Seminar 3G dalam Aspek Teknis dan Bisnis’.

Yang dimaksud dengan blended, masih menurut Once, dosen diharapkan turut berbaur dalam proses belajar-mengajar sebagai motivator. “Sehingga baik dosen, mahasiswa, konten (kurikulum) maupun infrastruktur yang digunakan berbaur menjadi satu kesatuan yang saling sinergis,” ujar Once menekankan.

Sedangkan konsep mobile, seperti yang detikINET saksikan sendiri di sejumlah sudut ruang kampus UBM, dengan fasilitas hotspot mahasiswa dapat secara aktif menggali informasi dari Internet secara cuma-cuma menggunakan notebooknya.

“Mahasiswa mendapatkan fasilitas notebook sejak mereka duduk di semester pertama,” tambah Once. “Sehingga mahasiswa dapat terus meng-update ilmunya dimanapun mereka berada,” tambahnya, “khususnya mereka yang berada di area kampus UBM dari lantai 1 hingga 8”.

Adapun ‘Seminar 3G dalam Aspek Teknis dan Bisnis’ itu sendiri dihadiri oleh tak kurang dari 280 mahasiswa UBM dari berbagai fakultas dan jurusan. Seminar yang diadakan dari pagi hingga tengah hari tersebut merupakan kerjasama antara UBM (www.bundamulia.ac.id), Indosat (www.indosat.com) dan detikINET.

Dalam seminar tersebut, sejumlah pertanyaan yang cukup kritis disampaikan oleh para peserta. Beberapa pertanyaan tersebut diantaranya adalah soal kebijakan tarif telekomunikasi, tren perkembangan ICT di Indonesia serta pemanfaatan teknologi 3G dalam keseharian hidup mahasiswa.

(dbu/dbu)

Senin , 19/03/2007 10:15 WIB
Achmad Rouzni Noor II – detikInet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s