Log Diharap Bantu Temukan Pembajak DNS Situs SBY

Jakarta, Sejumlah titik dapat diduga menjadi incaran lokasi aktifitas sniffing password pengelolaan domain Presidensby.info oleh pelaku yang kemudian membajak Domain Name Service (DNS) situs PresidenSBY.info untuk diarahkan ke Afraid.org.

Menurut hasil whois, beberapa titik tersebut adalah antara lain adalah server atau jaringan milik institusi Enom sebagai pengelola domain .info, lalu Techscape sebagai reseller Enom ataupun di Indosat sebagai tempat peletakan sejumlah server Techcape.

Ketika dikonfirmasi, pengelola situs resmi Presiden SBY pun menduga hal yang sama. “Ya kita belum tahu pastinya. Tetapi kemungkinannya ya seperti itu,” Anjar Ari Nugroho, koordinator pengelola Presiden SBY kepada detikINET, Minggu (18/3/2007).

Ditambahkan oleh Anjar, bahwa pihaknya kini tengah menanti sejumlah kiriman log server yang telah diminta oleh pihaknya kepada para pengelola di sejumlah titik teresbut. Sejumlah log transaksi tersebut rencananya akan dianalisis oleh tim pengelola situs Presiden SBY.

“Yang baru kita terima adalah log server dari pengelola Techscape. Mereka sangat kooperatif dengan kita, bahkan sejak awal kasus (pembajakan DNS) tersebut teridentifikasi,” ujar Anjar.

I Made Wiryana, salah seorang pengelola teknis situs Presiden SBY, menegaskan pula hal yang sama. “Sejak kemaren pagi kami terus bahu-membahu dengan pihak Techscape untuk melakukan pelacakan,” ujar Made.

Kini, ditambahkan oleh Made, tinggal kerjasama dari pihak pengelola titik lainnya yang diharapkan dapat segera terealisir untuk segera mendapatkan titik cerah atas kejadian pembajakan DNS tersebut.

Dipaparkan pula oleh Made, bahwa pembajakan DNS tersebut seperti mengubah peta atau arah jalan yang menuju ke suatu lokasi (situs). “Jadi rumah dan isi rumahnya sendiri tetap aman. Tetapi orang yang melihat atau menggunakan peta yang telah diubah tersebut, dapat kesasar ke tempat lain,” tandas Made.

(dbu/dbu)

Minggu , 18/03/2007 19:15 WIB

Ni Ketut Susrini – detikInet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s