‘Muka Keren’ Sebarkan Fitnah

Jakarta, Sebuah virus buatan Indonesia mampu menyebarkan virus ke alamat e-mail dalam komputer, korbannya pun berisiko kena fitnah sebagai penyebar virus.Virus tersebut dikenal dengan julukan ‘muka keren’ alias ‘Mr Coolface’. Julukan itu muncul karena komputer yang terinfeksi virus ini selalu memunculkan tulisan MR_COOLFACE! pada saat pengguna membuka menu Run di tampilan Start Menu.

Seperti dijelaskan M.Taufik, technical consultant dari perusahaan antivirus F-Secure, virus ini merupakan pengembangan dari virus Mr Coolface yang sebelumnya telah beredar. Namun, dalam penyebarannya virus ini telah berevolusi yang secara otomatis belajar dengan sendirinya.

“Sebelumnya virus ini (Mr Coolface-red) hanya menyebar melalui perangkat flashdisk tetapi yang ini sudah melalui e-mail,” ujar Taufik kepada detikINET (20/3/2007).

Lebih lanjut Taufik menuturkan, virus yang bernama Worm:w32/Ridnu.B ini akan semakin berbahaya ketika dia menemukan address book di account e-mail korbannya. Secara otomatis Mr Coolface akan mengirimkan dirinya ke alamat e-mail yang tertera, risikonya korban bisa dianggap sebagai penyebar virus.

Selain itu, ketika aktif virus ini juga dapat menggunakan semua resource komputer korban dengan membuka banyak jendela Windows Explorer pada task bar, sehingga korban tidak dapat mencegah saat virus ini menuliskan pesan-pesannya.

Faktor ketelitian pengguna komputer, ujar Taufik, menjadi sangat penting untuk mencegah ‘si muka keren’. Virus tersebut menurutnya hanya akan aktif jika korban membuka folder dengan extension .scr.

Lalu bagaimana kita tahu bahwa folder tersebut berextension .scr? Caranya adalah dengan menampilkan ‘Hidden file and folder’ pada menu Option di Windows Explorer, serta menghilangkan check mark dari ‘Hide files extensions for known file types’.

Ketika Anda terkena virus ini, Anda harus segera isolasikan komputer dari jaringan. Jika komputer terkoneksi ke jaringan internet, virus ini akan segera mengirimkan salinan dirinya ke seluruh alamat e-mail pada address book Anda. Fitnah pun bisa tak terelakkan.

(ash/wsh)

Selasa , 20/03/2007 17:32 WIB
Ardhi Suryadhi – detikInet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s