Pengguna Skype Mulai Terancam Program Jahat

Jakarta, Para dalang penyebar program jahat kini tidak lagi hanya menggunakan layanan email untuk mencari mangsa. Hal ini dibuktikan dengan peringatan yang diberikan para pakar antivirus mengenai beredarnya jenis program jahat yang menyebar melalui aplikasi layanan VoIP (Voice over Internet Protokol), Skype.

Trojan tersebut, seperti dilansir Vnunet dan dikutip detikINET, Senin (26/3/2007), merupakan varian dari program jahat Warezov atau Stration yang telah terdeteksi di akhir bulan lalu.

Cara yang digunakan dalam penyebarannya tergolong sederhana. Yaitu dengan mengirimkan sebuah pesan kepada pengguna Skype yang isinya menyarankan si calon korban untuk mengecek atau mengunjungi alamat URL yang diberikan. Ketika sudah berada pada alamat yang dituju, selanjutnya calon korban akan diminta untuk men-download dan menginstall file yang didalamnya mengandung Trojan.

“Sekali saja Trojan tersebut terinstal didalam sistem, ia akan mencoba untuk terhubung dengan server email Yahoo untuk mengirimkan pesan melalui SMTP (Simple Mail Transfer Protocol),” ujar salah satu pengawas web dari Websense.

Tidak hanya itu, Trojan tersebut juga dapat mengakses account Skype korbannya dan mengirimkan pesan serupa kepada seluruh daftar kontak di account tersebut. Dengan kata lain dapat menyebarkan fitnah bagi korbannya, karena kolega si korban mengira ia yang mengirimkan program jahat tersebut.

Sekedar informasi, Skype merupakan sebuah layanan aplikasi VoIP yang mengijinkan seseorang untuk berkomunikasi secara gratis melalui komputer atau melakukan panggilan murah dari komputer ke telepon. Selain itu, Skype juga dapat difungsikan sebagai messenger, media konferensi, atau alat untuk berkirim file.
(ash/ash)

Senin , 26/03/2007 11:18 WIB
Ardhi Suryadhi – detikInet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s