Celah Kursor Animasi, Windows Firefox Lebih Ringkih Diserang Ketimbang IE 7

Jakarta, Celah di fitur kursor animasi yang diklaim mendera semua versi Windows, termasuk Vista, ternyata cukup serius. Browser Firefox diklaim berisiko lebih tinggi terhadap serangan ketimbang pengguna Internet Explorer 7 (IE 7).

Fitur kursor animasi diketahui bisa membuka peluang komputer diserang oleh virus. Hal ini terkait ditemukannya celah pada cara sistem operasi Windows menangani kursor animasi. Celah ini bahkan memungkinkan penyerang mengambil alih komputer korban melalui pesan e-mail atau halaman web.

Menurut beberapa pakar keamanan, pengguna browser Firefox yang memakai Windows Vista berisiko lebih besar terhadap eksploitasi ketimbang pengguna IE 7 yang memiliki fitur kemanan tambahan.

“Celah tersebut disebabkan adanya eror di Windows dan bisa dieksploitasi baik melalui browser Firefox dan Internet Explorer,” kata Mike Schroepfer, wakil presiden engineering di Mozilla dalam pernyataannya, seperti dikutip detikINET dari Cnet, Kamis (5/4/2007).

Terkait hal ini, Mozilla berencana mengeluarkan patch sendiri untuk celah tersebut. Dijelaskan Schroepfer lagi, pihaknya kini tengah menyelidiki masalah yang mengeksploitasi Firefox. Mozilla juga mengimbau agar pengguna segera men-download patch yang telah dikeluarkan Microsoft.

“Microsoft telah mengeluarkan patch untuk memperbaiki celah tersebut dan kami menganjurkan agar semua pengguna Windows meng-apply update-annya dengan segera,” ujar Schroepfer.

Microsoft sendiri merilis patch (program tambalan) seminggu lebih cepat dari yang dijadwalkan guna melindungi pelanggannya. Patch tersebut telah dirilis Selasa lalu (3/4/2007).

Sementara itu para pakar keamanan di Determina, yang melaporkan keberadaan celah kursor animasi kepada Microsoft, telah menerbitkan video yang memperlihatkan bagaimana PC bersistem operasi Vista bisa disusupi melalui celah dan bagaimana pengguna Firefox berisiko lebih tinggi diserang daripada IE 7. (dwn/dwn)

Kamis , 05/04/2007 13:36 WIB
Dewi Widya Ningrum – detikInet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s