Tata Kelola Domain .id Masih Belum Ada Kepastian

Jakarta, Perhimpunan Nama Domain Indonesia (Pandi) mengatakan akan mengumumkan bentuk pengelolaan nama domain .id saat resmi ada di bawah kepengurusan Pandi nantinya.

Teddy Sukardi, Ketua Pengurus Pandi menyampaikan bahwa pihaknya akan mulai memberlakukan kebijakan domain berbayar mulai 1 Juli. Namun, bagaimana mekanisme dan besarannya akan diumumkan kemudian.

“Minggu depan akan ada pengumuman resminya, tunggu saja,” kata Teddy saat dihubungi detikINET, Jumat (8/6/2007).

Pengelolaan domain .id akan dialihkan dari Departemen Komunikasi dan Informatika ke Pandi. Di bawah Pandi akan berlaku kebijakan pengelolaan yang baru, di mana pendaftaran domain .id nantinya akan berbayar.

Namun serah terima pengelolaan selalu tertunda, dari semula dijadwalkan efektif mulai 1 Mei 2007, sampai sekarang Pandi belum mengumumkan bentuk pengelolaan nama domain yang baru.

Saat didesak lebih lanjut, Teddy menolak menyampaikan skema harga domain .id yang menurutnya akan diumumkan minggu depan itu.

“Nanti saja, yang jelas .co.id lebih dulu (diumumkan-red),” ujar Teddy. “Proses perpanjangannya akan bertahap, kita kelompok-kelompokan,” tandasnya.
(nks/nks)

Jumat , 08/06/2007 16:05 WIB
Ni Ketut Susrini – detikInet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s