Satu-satunya di ASEAN, UGM Raih ‘Grant HP’

Jakarta, Hewlett-Packard (HP) memberikan hibah senilai total US$ 975.000 kepada universitas-universitas yang telah lolos seleksi yang diselenggarakan HP bersama perwakilan-perwakilan International Society for Technology in Education (ISTE).

Sebanyak 13 universitas dari enam negara Asia Pasifik — Australia, India, Indonesia, Selandia Baru, Korea Selatan, dan Taiwan — dinyatakan berhak menerima hibah “HP Technology for Teaching Grant 2007”. Dari sekitar 300 universitas yang mengajukan diri di Asia Pasifik, UGM menjadi satu-satunya universitas di ASEAN yang mendapatkan Grant tersebut.

“Bahkan di Indonesia, UGM menjadi penerima pertama dari Grant yang diadakan sejak tahun 2004 ini,” kata President Director HP Indonesia, Elisa Lumbantoruan kepada para wartawan saat jumpa pers di Hotel Shangrilla Jakarta, Rabu (20/6/2007).

Seleksi, lanjut Elisa, dilakukan secara ketat oleh HP Asia Pasifik. Melalui hibah ini, HP berharap bisa memberikan kontribusi terhadap teknologi informasi dan memberikan sumbangan berharga bagi universitas. “UGM dipilih karena dianggap mempunyai program pembelajaran dengan teknologi informasi terbaik diantara universitas lain di Indonesia,” ujar Elisa lagi.

Mengenai besarnya hibah yang diberikan, setiap universitas yang terpilih berhak mendapatkan hibah masing-masing senilai US$ 75.000.

“Sebesar US$ 55.000 dari Grant ini merupakan barang seperti tablet PC. Sementara US$ 20.000 lagi akan digunakan untuk mengembangkan sistem pembelajaran berbasis teknologi informasi melalui eLisa,” kata Ir. Djoko Lukmanto, ketua e-learning system for academic community (eLisa).

eLisa sendiri merupakan program pembelajaran kuliah di UGM dengan menggunakan teknologi informasi. eLisa merupakan salah satu program yang dilakukan untuk mempercepat penggunaan jaringan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) pada 33 perguruan tinggi di seluruh Indonesia, yang diberi nama INEHERENT Indonesian Higher Education Network. Dengan INEHERENT, berbagi pengetahuan antara perguruan tinggi diharapkan akan dapat berjalan dengan lebih cepat.

Lebih lanjut, Rektor UGM, Prof. Ir. Sudjarwadi Meng. Phd. mengatakan bahwa Grant ini akan membantu mengefisienkan sistem pembelajaran di UGM. “Dengan Grant HP ini, akan membantu UGM melaksanakan tri darma perguruan tinggi khususnya dalam bidang penelitian dan pengabdian pada masyarakat,” papar Sudjarwadi.

Melalui eLisa, Sudjarwadi menuturkan bahwa sistem pembelajaran mata kuliah metode numerik di Fakultas Teknik Sipil dan Teknik Lingkungan UGM akan dapat diakses oleh masyarakat luas yang ingin menggunakannya.(dwn/dwn)

Rabu , 20/06/2007 13:14 WIB
Fino Yurio Kristo – detikInet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s