Cracker Indonesia Musnah atau Sembunyi?

Jakarta, Lain hacker, lain pula dengan cracker. Jika keberadaan komunitas hacker tanah air dianggap semakin berkembang, namun nasib sebaliknya justru menimpa cracker. Aktifitas mereka dianggap semakin lama semakin tenggelam. Ada apa?

Hal itu diungkapkan Dani Firmansyah, salah satu penggiat teknologi informasi Indonesia di sela-sela konferensi pers Panhac 2 di Novotel Jakarta, Selasa petang (29/5/2007).

Ia menuturkan, penyebabnya adalah kesiapan dari para developer dan administrator yang telah membangun basis-basis keamanan yang sudah semakin mumpuni.

“Karena ketika mereka (cracker-red) membuat masalah di internet, para developer dan administrator mulai mempersiapkan diri dengan membangun basis-basis keamanan yang semakin canggih,” jelas pria yang punya nama samaran Xnuxer itu.

Boleh dibilang sebagian besar sistem keamanan yang sekarang ini digunakan di dunia maya sudah dapat mencegah serangan. Sangat berbeda kondisinya ketika di awal masa ramainya internet, imbuh Dani.

“Kalau dulu tahun 1999, jaman di mana internet mulai ramai sistem keamanan itu masih mudah mudah dibobol. Tetapi sekarang sudah susah. Bahkan banyak sekali filter-filter yang plug-in jadi sudah ready di sistem itu,” tukas pria yang pernah membobol situs KPU saat Pemilu 2004.

Namun, meski tindak tanduk cracker lokal dianggapnya sudah jarang terlihat bukan berarti keberadannya sudah hilang sepenuhnya. Menurut Dani, saat ini para cracker diperkirakan juga sedang mencari cara bagaimana mereka bisa masuk ke sistem keamanan yang canggih itu.

“Sama halnya dengan administrator yang terus berupaya membuat sistem keamanan yang canggih. Para cracker juga sedang mencari cara bagaimana mereka bisa masuk,” bisiknya. (ash/wsh)

Rabu , 30/05/2007 12:06 WIB
Ardhi Suryadhi – detikInet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s