Demi PC Plus Broadband, Anak Sekolah Singapura Kerja Sosial Ngajarin Internet

Singapura, Singapura merupakan negara dengan industri telekomunikasi yang cukup disegani di Asia. Lewat operator seperti SingTel dan STT, Singapura menjadi salah satu macan telekomunikasi.

Untuk mendukung hal itu, Singapura mempunyai misi pada tahun 2015, semua rumah di Singapura yang memiliki anak sekolah bisa memiliki minimal sebuah Personal Computer (PC) plus berlangganan broadband selama 3 tahun dengan harga 285 dolar Singapura atau sekitar Rp 1,62 juta. Murah kan? mendapat PC plus free broadband access selama 3 tahun .

Bagi keluaga yang tidak mampu tenang, jangan khawatir, jika uang yang mereka punya belum mencukupi, anak-anak sekolah itu bisa menutupi kekurangannya dengan melakukan kerja sosial. Seperti memberi tahu cara menggunakan internet bagi orang yang gaptek atau gagap teknologi.

Program ini disebut NEU PC Plus package, dan merupakan salah satu dari masterplan 10 Tahun Infocomm Singapura-Intelligent Nation 2015 (iN 2015).

Hal tersebut disampaikan Deputy Chief Executif and Director General (Telecoms) of the Infocomm Development Authority of Singapore (IDA), ketika dikunjungi wartawan di kantornya, Suntec Tower 3, Temasek Boulevard, Singapura, Jumat (22/6/2007) .IDA ini adalah Dirjen Postelnya Singapura, seperti dilaporkan wartawan detikcom Dadan Kuswaraharja yang ikut rombongan PT Indosat Tbk.

“Ini merupakan kegiatan yang fokus kepada mereka yang membutuhkan. Program ini khusus untuk rumah tangga yang ada anak sekolahnya,” ujarnya.

Hingga kini ada sekitar 3.400 warga Singapura yang ingin mengikuti program ini.

Berkat iN2015 yang mulai diluncurkan sejak Juni 2006, industri telekomunikasi Singapura meningkat pesat. Selain NEU PC plus package, pengadaan hotspot-hotspot di Singapura terus diperbanyak. Targetnya ada 5.000 hotspot di seluruh kota Singapura pada September 2007. Saat ini angkanya baru 3.400 hotspot wireless@SG di seluruh pulau.

Pemerintah sengaja menggandeng sektor swasta agar ikut membangun infrastruktur Wireless@SG ini.

“Ini adalah komitmen pemerintah Singapura untuk menyediakan wireless broadband yang lebih banyak bagi masyarakat,” ujarnya.
(ddn/ash)

Sabtu , 23/06/2007 12:08 WIB
Dadan Kuswaraharja – detikInet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s