Perpanjangan Domain .id Dipatok Batas Waktu

Jakarta, Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (Pandi) akan mengenakan biaya untuk menggunakan nama domain .id selama satu tahun. Untuk nama domain lama diberikan tenggat waktu pendaftaran ulang/perpanjangan.

Nama domain .net.id, .co.id dan .web.id diberikan waktu paling lambat sampai 31 Agustus 2007, domain .sch.id, .ac.id dan .or.id sampai 30 September 2007 dan untuk domain .go.id dan .mil.id sampai 28 Februari 2008.

Sedangkan domain war.net.id yang sebelumnya dianggap memiliki struktur kurang umum akan dicarikan nama pengganti yang lebih sesuai. Jadi untuk .war.net.id tidak akan dibuka pendafaran baru dan nama yang ada akan terus dapat digunakan sampai 31 Desember 2007.

Pandi berperan sebagai Registri dan Registrar untuk semua domain, kecuali untuk domain .go.id dan .mil.id yang akan dikelola administrasi pendaftarannya kepada Departemen Komunikasi dan Informatika (Depkominfo).

Pandi juga akan melepas peran sebagai Registrar dalam 6 bulan ke depan atau sampai akhir tahun 2007 dan akan menunjuk Registrar baru.

“Tugas Registrar untuk memproses pendaftaran cukup berat jadi kami akan memilihnya secara hati-hati,” tutur Teddy Sukardi, Ketua Umum Pandi di Gedung Depkominfo Jakarta, Jumat (22 Juni 2007).

Situs Belum Siap

Segala jenis pendaftaran baik itu perpanjangan ataupun pendaftaran baru akan dilakukan Pandi secara online melalui situs resmi mereka di alamat http://www.pandi.or.id.

Namun, ketika detikINET coba membuka alamat situs tersebut pada hari ini (22/6/2007) pukul 15.40, ternyata situs tersebut belum siap dan bertuliskan ‘Jomlaa! Installer’ diatas halaman utamanya.

Teddy beralasan, belum siapnya situs tersebut dikarenakan pihaknya yang dibantu oleh teman-teman dari APJII (Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia) tengah dalam tahap menghubungkan IP address dan mempersiapkan server.

“Jadi sekarang ini masih pakai situs di alamat register.net.id. Diperkirakan hari ini sudah selesai pengerjaannya. Jadi pada 1 Juli nanti sudah dapat beroperasi,” ujarnya via ponsel.
(ash/ash)

Jumat , 22/06/2007 16:10 WIB
Ardhi Suryadhi – detikInet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s