Gara-Gara Aturan Baru, Google Ancam Cabut Gmail

Jerman, Gara-gara peraturan baru, layanan Gmail bisa jadi akan dicabut dari wilayah Jerman. Peraturan macam apa yang membuat Google alergi?

Google Mail bisa jadi tidak akan tersedia lagi di Jerman. Ini setelah pemerintahan Jerman membuat rancangan peraturan baru tentang data pribadi pengguna telekomunikasi, termasuk internet dan telepon.

Dalam peraturan tersebut setiap penyedia layanan harus mengumpulkan dan menyimpan data pribadi dari pengguna mereka. Data itu paling tidak harus tersimpan selama enam bulan.

Aturan itu juga melarang adanya pengguna anonimus, alias yang data aslinya tidak diketahui. Saat ini peraturan tersebut sedang diajukan di Bundestag (parlemen Jerman).

Peter Fleischer, penasehat global bidang privasi Google, dilaporkan menolak peraturan tersebut. Menurut Fleischer, aturan itu akan sangat melukai prinsip-prinsip privasi yang diusung Google.

Seperti dikutip detikINET dari ITWire, Selasa (26/6/2007), Google pada intinya menyatakan siap menarik layanan Google Mail dari Jerman.

Akibat sengketa merek dagang, Google saat ini juga sudah tidak boleh menggunakan nama Gmail di Jerman. Di negara yang pernah terbelah dua itu Google secara resmi memakai nama Google Mail. Hal yang sama dilakukan di Inggris. (wsh/wsh)

Selasa , 26/06/2007 14:19 WIB
Wicaksono Hidayat – detikInet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s