Vista Lebih Aman Daripada Linux?

Jakarta, Berdasarkan pengamatan Microsoft’s Trustworthy Computing Group, sistem operasi Windows Vista diklaim jauh lebih aman dari para pesaingnya dan juga dibanding sistem operasi Microsoft sebelumnya.

Pernyataan tersebut terpapar dalam laporan berjudul ‘Laporan Enam Bulanan Celah Keamanan Vista’ mengenai total celah keamanan Vista yang telah diperbaiki maupun yang belum, termasuk perbandingannya dengan Linux, OpenOffice, dan aplikasi lainnya. Laporan itu tersedia dalam bentuk PDF dan bisa di-download di blog Jeff jones, direktur strategi keamanan di Microsoft’s Trustworthy Computing Group.

“Hasil dari analisis tersebut menunjukkan bahwa Windows Vista menunjukkan tren celah keamanan yang paling sedikit dalam kurun waktu enam bulan dibandingkan dengan produk pendahulunya, Windows XP dan juga dengan sistem operasi yang lain,” tulis Jones seperti dikutip detikINET dari Newsfactor, Selasa (26/6/2007).

Sejak enam bulan pertama berada di pasaran, Microsoft telah meluncurkan empat updates keamanan yang ditujukan untuk total perbaikan 12 celah keamanan
Vista. Sebagai perbandingan, secara total Microsoft memperbaiki 36 celah keamanan selama enam bulan pertama untuk Windows XP.

Vista juga diperbandingkan dengan saingannya, yaitu sistem operasi open source. Dalam sistem Red Hat Enterprise Linux 4 yaitu Linux yang paling banyak terdistribusi, dijumpai 129 bugs dalam enam bulan pertama peredarannya. Red Hat memperbaiki total 281 celah keamanan dalam kurun waktu enam bulan tersebut sehingga Jones menyimpulkan bahwa Vista lebih aman daripada
kompetitornya, sistem operasi open source.

Menurut Michael Sutton, pejabat biro keamanan komputer SPI Dynamics dan mantan direktur Verisign iDefense Labs, sebenarnya belum ada pihak yang bisa dinyatakan
sebagai pemenang dalam debat keamanan yang telah lama terjadi ini. “Mengesankan untuk melihat bahwa sampai saat ini, Windows Vista mendapat kritik paling sedikit mengenai celah keamanan,” katanya. “Namun rasanya, enam bulan bukanlah waktu yang cukup untuk mengklaim siapa yang paling aman,” imbuhnya lagi.(dwn/dwn)

Selasa , 26/06/2007 09:35 WIB
Fino Yurio Kristo – detikInet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s