Untuk Windows, IE dan Firefox Paling Favorit

Jakarta, Pertarungan di ranah browser makin panas. Browser Internet Explorer (IE) andalan Microsoft masih menjadi yang terdepan dengan raihan pangsa pasar tertinggi. Berturut-turut Firefox, Opera dan terakhir Safari terus menguntit.

Apple telah memperkenalkan browser Safari terbarunya (versi 3.0) bulan Juni lalu untuk Windows Vista dan Windows XP. Menurut Steve Jobs, Chief Executive Apple, Safari ditujukan untuk mendominasi pasar browser bersama IE.

Namun faktanya, pasar browser untuk sistem operasi Windows masih didominasi oleh Internet Explorer dan Firefox. Menurut statistik yang dipublikasikan oleh Net Applications, IE versi 6.0 masih memimpin pasar dengan raihan 46,21 persen. Sejak diperkenalkannya IE 7, pangsa pasar IE 6 memang terus menurun. Dari bulan
Oktober 2006 sampai Februari 2007, pangsa pasar IE 6 mengalami penurunan drastis dari 77,17 persen menjadi 49,35 persen saja.

Pada periode yang sama, pangsa pasar IE 7 ‘meledak’ dari hanya 3,18 persen pada bulan peluncurannya menjadi 29,12 persen pada Februari 2007 bersamaan dengan peluncuran Windows Vista. Pada pertengahan 2007 ini, IE 7 mempunyai pangsa pasar tidak kurang dari 32,02 persen dan menempati posisi 2 di bawah IE 6.

Firefox 2.0 juga terus meningkatkan pangsa pasarnya. Dari raihan hanya 0,69 persen pada Oktober 2006, saat ini Firefox 2.0 mempunyai pangsa pasar 11,7 persen. Sementara, dengan tidak adanya lagi dukungan dari Mozilla untuk Firefox 1.5 sejak akhir Juni ini, Firefox versi 1.5 ini hanya mempunyai pangsa pasar 2,85 persen.

Diklaim mempunyai desain, performa maupun keamanan yang mumpuni, Safari 3.0 ternyata belum mampu bicara banyak di pasaran. Browser besutan Apple untuk Windows ini hanya berpangsa pasar 0,18 persen meskipun telah di-download sebanyak 1 juta pada dua hari pertama peluncurannya.

Safari 3.0 ini memang masih mempunyai jalan panjang karena masih merupakan versi beta. Namun, dengan sambutan pasar yang dingin, bisa jadi Safari 3.0 akan gagal menjadi lawan yang sepadan bagi browser lainnya.

Sementara, browser Opera meningkatkan sedikit pangsa pasarnya dari 0,73 persen menjadi 0,90 peren pada bulan Juni kemarin. Seperti dikutip detikINET dari Softpedia, Selasa (3/7/2007), Opera selama ini selalu menjadi underdog dan secara konsisten terus mengalami pertumbuhan dalam pasar browser Windows.(dwn/dwn)

Selasa , 03/07/2007 11:24 WIB
Fino Yurio Kristo – detikInet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s