Beijing ‘Paling Jahat’ di Dunia Cyber

San Francisco, Cina tidak hanya membuktikan diri sebagai raksasa ekonomi baru. Untuk urusan penyebaran program jahat negeri tirai bambu ini juga menjadi jagonya. Beijing, ibukota Cina, bahkan boleh dibilang mendapatkan predikat ‘paling jahat’.

Jangan salah sangka dulu, maksudnya adalah program jahat yang menyebar dari komputer-komputer di Beijing memiliki persentase lebih besar dibandingkan kota-kota lain di dunia. Ini bisa jadi menunjukkan masih banyaknya komputer di Beijing yang terinfeksi program jahat yang bisa jadi berasal dari negara lain.

Menurut Simon Heron, managing director perusahaan keamanan Network Box, pada bulan Juni 2007, sebanyak 40 persen program jahat yang tersebar di seluruh dunia berasal dari kota Beijing, Cina. Sebelumnya, pada bulan Mei, jumlahnya hanya sebesar 21 persen saja.

Namun demikian, seperti dikutip detikINET dari Infoworld, Rabu (4/7/2007), spam yang berasal dari Beijing justru turun dari 11 persen menjadi 5 persen pada periode yang sama.

Lebih lanjut, menurut Network Box, kota Beijing, Cina menempati peringkat pertama untuk urusan penyebaran program jahat. Diikuti kota Wattleup di Australia dengan angka 3,7 persen serta Madrid di Spanyol dengan angka 2,5 persen.

Persentase yang ditampilkan di sini adalah berdasarkan data dari 700 pelanggan perangkat Network Box, yang mencakup firewall, antispam, antivirus, antiphishing, dan filter konten web. Network Box menjaring sekitar 4 juta contoh program jahat setiap hari. (wsh/wsh)

Rabu , 04/07/2007 10:40 WIB
Fino Yurio Kristo – detikInet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s