Pakai Nama Gmail, Google Kandas di ‘Meja Hijau’

Jakarta, Jangan sembarangan memakai merek. Salah-salah, Anda bisa diadukan ke pengadilan dan kalah pula. Hal ini terjadi pada perusahaan Google.

Seorang pengusaha muda, Daniel Giersch, memenangkan pertarungan di pengadilan Jerman pada Kamis (5/7/2007) kemarin melawan raksasa mesin cari internet Google. Hal ini lantaran Google menggunakan nama Gmail pada layanan e-mailnya tanpa izin. Nama Gmail ternyata sama persis dengan nama layanan e-mail milik Giersch.

Pengadilan regional di utara kota Hamburg, Jerman pun memberi putusan bahwa Google tak diperkenankan lagi menggunakan merek e-mail itu di tanah bavaria.

Giersch menandaskan bahwa dia telah menggunakan nama ‘G-Mail’ untuk layanan e-mail yang dikembangkannya sendiri sejak tahun 2000. Berarti ada selisih empat tahun sebelum Google meluncurkan layanan bernama sama, hanya dibedakan sebuah garis penghubung saja.

Menanggapi kasus ini, pengacara Giersch menegaskan bahwa Google telah merugikan kliennya dalam kasus maraton yang telah berlangsung selama tiga tahun itu. Bahkan, kasus ini masih terus berlanjut karena Google telah mengajukan penundaan kasus serupa di Spanyol, Portugal dan Swiss.

Di sisi lain, Giersch membantah spekulasi bahwa dia coba memeras Google dalam kasus penyalahgunaan merek ini. “Baik G-Mail maupun diri saya tidak bisa dibeli,” tegas Giersch seperti dikutip detikINET dari AFP, Jumat (6/7/2007).

Google sendiri sampai saat ini belum berkomentar apa-apa mengenai peristiwa ini.(dwn/dwn)

Jumat , 06/07/2007 10:51 WIB
Fino Yurio Kristo – detikInet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s