Sebarkan Ideologi Osama, Teroris Cyber Dibui

London, Tiga orang teroris yang menggunakan dunia maya untuk menjalankan operasinya akhirnya dipenjara selama 6 sampai 10 tahun oleh pengadilan Inggris.

Mereka adalah Tariq Al-Daour, Youne Tsouli dan Waseem Mughal. Pengadilan Woolwich Crown di London Tenggara mengatakan, ketiganya diperkirakan mempunyai hubungan dengan jaringan teroris dunia Al-Qaeda.

Meski termasuk satu kelompok, namun ketiganya diberikan hukuman yang berbeda. Tsouli yang kelahiran Maroko divonis paling berat dengan hukuman penjara 10 tahun, Al-Dour asal Uni Emirat Arab selama 6,5 tahun sedangkan Mughai yang dilahirkan di Inggris harus mendekam selama 7,5 tahun.

“Sepertinya situs-situs Internet telah menjadi sarana komunikasi yang efektif untuk menyebarkan pemikiran,” ujar hakim Charles Openshaw, seperti dikutip detikINET dari AFP, Jumat (6/7/2007).

Aksi yang dijalankan ketiga teroris ini dinilai agak berbeda dengan aksi yang biasa dilakukan teroris lain yang lebih memilih tindakan fisik. Menurut Openshaw, tidak satu pun dari mereka yang terbukti melakukan perbuatan kekerasan. “Mereka lebih dekat dengan keyboard komputer daripada dengan bom dan senjata,” imbuhnya.

Berdasarkan penyelidikan, kejahatan yang mereka lakukan adalah menggunakan jaringan Internet seperti email dan situs radikal untuk menyebarluaskan ideologi-ideologi pemimpin Al-Qaeda Osama bin Laden, dengan harapan ada pihak yang terbujuk untuk mengikuti.

Selain itu, ketiganya juga terbukti bersalah atas berbagai penipuan kartu kredit, bank dan perusahaan dengan kerugian yang ditimbulkan mencapai US$ 3,6 juta ($1 = Rp 9035, sumber: detikcom).

Film yang mengisahkan penyanderaan serta eksekusi pemotongan kepala serta cara membuat bom dan racun yang dilakukan para teroris ditemukan di tumpukan barang-barang mereka. Pihak kepolisian juga berhasil menemukan hasil percakapan online Al-Dour dengan salah satu relawan pelaku bom bunuh diri.

“Ini merupakan hasil penyelidikan pertama kali yang sukses terhadap hasutan pembunuhan lewat Internet. Hal ini sekaligus menunjukkan jaringan teroris telah semakin global,” imbuh Openshaw.

Keahlian teroris telah semakin berkembang dan mereka belum bisa dihentikan hanya dari hasil investigasi ini, tandasnya.

Keterangan foto: (ki-ka) Tariq Al-Daour, Youne Tsouli dan Waseem Mughal
(ash/wsh)

Jumat , 06/07/2007 11:37 WIB
Ardhi Suryadhi – detikInet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s