Software Jadi Pemantau Populasi Nyamuk

Madurai, India, Departemen kesehatan publik Tamil Nadu, India, telah mengembangkan sebuah software yang dapat memonitor populasi dan kemampuan nyamuk untuk menyebarkan virus di suatu area.

Software yang merupakan hasil kerja sama dengan pusat informasi nasional India ini diklaim dapat memberikan data dengan cepat mengenai jumlah serangga yang dapat menyebarkan berbagai penyakit seperti demam berdarah dan cikungunya ini.

Sehingga melalui data tersebut, badan statistik India diharapkan dapat terbantu untuk mengambil tindakan yang tepat ketika kepadatan nyamuk di suatu wilayah sudah mencapai tingkat yang dianggap menghawatirkan.

Data tersebut, dikutip detikINET dari Chennaionline, Selasa (10/7/2007), selanjutnya akan di-posting oleh setiap distrik di situs departemen kesehatan publik Tamil Nadu yang baru akan dibuka pada 12 Juli nanti.

Pasalnya, selama ini data mengenai populasi penyebaran nyamuk berbahaya di India masih terpisah di setiap distrik. Sehingga penanggulangan wabah penyakit dari pemerintah pusat masih belum optimal.
(ash/ash)

Selasa , 10/07/2007 09:37 WIB
Ardhi Suryadhi – detikInet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s