Keunggulan Situs Tak Lagi Diukur dari Page Views

Jakarta, Nielsen/NetRating, perusahaan yang melakukan pengukuran terhadap situs internet, tak akan lagi menggunakan page views sebagai patokan utama keunggulan sebuah situs. Dengan makin banyaknya situs web 2.0, patokan utama adalah lamanya pengunjung berada di sebuah situs.

Hal itu yang diungkapkan Scott Ross, Director of Product Marketing Nielsen/NetRatings. Menurut Rosshal itu dipicu oleh makin banyaknya situs yang menggunakan Asynchronous JavaScript and XML (AJAX) dan yang menawarkan konten berupa streaming media.

“Bukan berarti page views tidak relevan lagi, tapi sudah makin tidak akurat untuk mengukur keseluruhan lalu lintas dan kemampuan situs mempertahankan pengunjungnya. Jumlah total menit adalah metode yang paling akurat untuk membandingkan beberapa situ,” papar Ross, seperti dikutip detikINET dari ComputerWorld, Selasa (10/7/2007).

AJAX memungkinkan sebuah situs menawarkan konten pada pengunjungnya tanpa mengharuskan sebuah halaman ditampilkan ulang (refresh/reload). Situs dalam keluarga Yahoo!, misalnya, sudah makin getol menerapkan teknologi tersebut.

Perubahan tersebut, ujar Ross, akan memudahkan pemasang iklan untuk menentukan bagaimana pengunjung situs tertentu menikmati konten. Untuk situs seperti YouTube, Ross melanjutkan, lamanya waktu kunjungan menggambarkan seberapa terlibat pengunjung dengan konten di dalamnya.

Nielsen/NetRatings masih akan menampilkan page views sebagai patokan sekunder. Di masa depan Ross tak menutup kemungkinan akan menerapkan patokan yang berbeda lagi. “Sementara ini kami akan memilih penggunaan menit untuk membandingkan dua buah situs. Tapi nantinya, kami akan melihat lagi apa sesungguhnya arti menit dalam hal kesempatan beriklan,” ia menambahkan.

Ross yakin akan terjadi perubahan pada ranking situs-situs populer dengan metode baru ini. Google, misalnya, diprediksikan akan mengalami penurunan karena kebanyakan pengunjung hanya menghabiskan waktu sebentar di situs tersebut.

Di sisi lain, situs AOL bisa jadi akan mengalami peningkatan ranking karena banyaknya pengguna instant messaging mereka. Untuk situs Yahoo! atau MSN, Ross memperkirakan ranking-nya tak akan berubah banyak. (wsh/wsh)

Selasa , 10/07/2007 14:23 WIB
Wicaksono Hidayat – detikInet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s