Robot Anjing Akan Dikirim ke Mars

California, Sebuah robot anjing suatu hari nanti mungkin akan dikirim ke planet Mars untuk mengeksplorasi permukaan planet merah itu.

Untuk itu, sebuah konsep baru sedang dikembangkan di University of Southern California (USC). Ilmuwan robot mereka, Stefan Schaal meneliti kemungkinan penggunaan kaki, dan bukan roda, sebagai sarana robot untuk berjalan.

Selama ini robot berkaki biasanya hanya beraksi baik jika berjalan di permukaan halus. “Kami menginginkan kaki robot yang handal berjalan di permukaan kasar (berbatu-red) sekalipun.” sebut Schaal seperti dikutip detikINET dari Softpedia, Selasa (10/7/2007).

Robot anjing yang sedang dikembangkan tim di USC didesain untuk menaklukkan area bebatuan dan lembah. Bahkan, robot itu diharapkan mampu melakukan lompatan kecil. Seukuran anjing mainan, pada masa depan robot anjing ini diharapkan bisa dikirim ke Mars dalam misi eksplorasi geologi atau bahkan menjadi pendamping astronot yang mungkin dikirimkan ke sana.

Sayangnya, kecepatan robot ini masih sekelas siput yaitu hanya 1,6 cm per detik. Tapi jangan pesimis dulu, kecepatan robot penjelajah planet merah ini sudah cukup tinggi. Sojourner, robot yang sekarang menjelajahi Mars, hanya memiliki kecepatan 1,2 cm per detik.

Meski robot anjing, nantinya robot ini kemungkinan tak akan diberikan kemampuan menggonggong. Pasalnya, di permukaan Mars suara gonggongan tak akan terdengar karena tak adanya atmosfer.

Keterangan gambar: Prototipe robot anjing. Sumber: University of Southern California. (wsh/wsh)

Selasa , 10/07/2007 12:48 WIB
Fino Yurio Kristo – detikInet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s