Google Earth Nemu Barak Militer AS Bentuk Lambang Nazi

Jakarta – Era Nazi Jerman, kelompok pembantai Yahudi dan pencetus Perang Dunia mungkin telah lama berlalu. Namun gaungnya tampaknya masih beredar hingga zaman modern.

Hal ini misalnya, terbukti dari penemuan yang diperlihatkan di Google Earth. Sebuah foto menampakkan bahwa Angkatan Laut Amerika Serikat punya sebuah barak militer berbentuk sama persis dengan simbol Nazi Jerman, Swastika di negara bagian California selatan.

Bangunan ini ditemukan oleh beberapa pengguna internet yang mengakses Google Earth. Karenanya, lembaga Anti Defamation League (ADL), sebuah kelompok yang mengurusi masalah orang Yahudi pun melobi militer untuk memodifikasi bangunan itu. Setelah perjuangan beberapa waktu, Morris Casuto, Direktur Regional ADL berhasil ‘memaksa’ militer untuk merekonstruksi ulang bangunan itu dengan biaya 300.000 poundsterling.

“Angkatan laut menyadari bahwa bangunan ini mengandung simbol kematian ribuan orang dan tak sesuai sebagai basis militer,” ungkap Morris yang dilansir Softpedia dan dikutip detikINET, Sabtu (29/9/2007).

Hingga saat ini, tak ada yang tahu pasti siapa pembangun barak militer berbentuk Swastika yang tertangkap kamera Google Earth itu. Beberapa rumor pun telah berkembang. Salah satunya, barak itu diduga dibuat oleh arsitek Jerman pada tahun 1960-an sebagai simbol bahwa negeri mereka sebenarnya tidak kalah dalam Perang Dunia.

Google Earth memang makin terbukti kegunaannya untuk mengetahui berbagai macam hal baru dari seluruh dunia. Namun, dengan penemuan seperti di atas, pihak pemerintah dalam hal ini militer bisa terusik karena area yang seharusnya tersembunyi bisa kini diketahui banyak orang. ( fyk / amz )

Sabtu, 29/09/2007 15:18 WIB
Fino Yurio Kristo – detikinet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s