Linux Foundation ‘Ekspansi’ ke Jepang

Jakarta – Linux Foundation kini menjejakkan langkahnya di Jepang. Kelompok nirlaba yang memperjuangkan kemajuan Linux ini telah menyepakati kerja sama dengan Information-technology Promotion Agency (IPA), institut penelitian pemerintah Jepang yang mendukung pengembangan software Open Source.

Mereka akan berkolaborasi untuk mempercepat adopsi Linux dan software Open Source dalam bidang pengembangan teknologi, aktivitas legal ataupun standardisasi di negeri sakura.

Pengumuman ini datang ketika ketertarikan penggunaan Open Source di Jepang berada dalam level cukup tinggi. Salah satu indikasinya bisa dilihat dari penggunaan sistem operasi ini pada peralatan elektronik yang diproduksi di Jepang kian meningkat.

Demikian juga dengan keputusan Tokyo Stock Exchange yang menggunakan Linux sebagai pilihan next generation enterprise system. Bahkan, pemerintah Jepang pada bulan Juli lalu juga telah menempatkan prioritas utama untuk pengadopsian open standard dalam hal pengadaan perangkat.

“Kami ingin membantu pengembang Open Source di Jepang dengan lebih baik lagi. Persetujuan ini merupakan bagian aktivitas promosi regional yang agresif dari LF serta merupakan langkah penting untuk ekspansi lebih jauh,” demikian pernyataan dari Jim Zemnlin, direktur Linux Foundation seperti dikutip detikINET dari Softpedia, Rabu (3/10/2007).

Sementara Buheita Fujiwara, Chairman IPAA mengatakan, lewat kerja sama ini diharapkan akan membantu perusahaan-perusahaan Jepang untuk mengadopsi Linux. “Sehingga nantinya software Open Source Jepang akan memainkan peran penting dalam revolusi Open Source dunia,” imbuhnya.

Dari data Gartner, penggunaan software Open Source diprediksi bakal tumbuh cukup pesat di Asia. Peningkatannya sekitar 60 persen diprediksi berasal dari lembaga pemerintahan besar maupun yang kecil. Dan mereka digadang-gadang juga bakal menggunakan Open Source dalam menunjang aktivitas bisnis utama di tahun 2010.
( fyk / ash )

Rabu, 03/10/2007 11:38 WIB
Fino Yurio Kristo – detikinet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s