Gara-Gara Minta Bantuan, Maling Printer Masuk Penjara

Missouri – Timothy Scott Short membongkar sendiri kedok pencurian yang ia lakukan. Setelah mencuri printer untuk mencetak kartu Surat Izin Mengemudi (SIM), ia menghubungi layanan teknis untuk mencari driver piranti lunak yang cocok untuk printer curian tersebut.

Ceritanya begini, Short mencuri printer beserta komputer dari kantor pemerintahan setempat di Missouri, Amerika Serikat. Namun, komputer itu ternyata tidak bisa digunakan karena terkunci. Sedangkan tanpa komputer itu, printer pencetak SIM yang dicuri Scott tak bisa berfungsi.

Seperti dikutip detikINET dari PCWorld, Rabu (24/10/2007), dua hari setelah pencurian seseorang bernama ‘Scott’ menghubungi Digimarc, perusahaan software yang memproduksi printer yang dicuri tersebut. ‘Scott’ menyatakan ingin membeli driver printer yang cocok untuk seri printer tersebut.

Hal ini membangkitkan kecurigaan agen Secret Service. Seorang agen kemudian mendengarkan rekaman panggilan ini dan mengenali suara Short dari penyelidikan yang pernah dilakukan sebelumnya. Penelpon itu juga memberikan nomor telepon yang sama dengan nomor telepon yang diketahui merupakan milik Short.

Walhasil, Short ditangkap pada tanggal 11 Oktober 2007. Sebagai konsekuensi perbuatannya, pria 33 tahun ini bisa jadi akan meringkuk di penjara selama 10 tahun serta harus membayar denda senilai US$ 250,000 (US$ 1 = 9128, sumber: detikcom).

Meski yang dicuri Short ‘hanya’ printer dan komputer, kasus ini menjadi buruk karena komputer itu mengandung data 200-500 warga di Missouri. Lebih parah lagi, printer tersebut memang khusus digunakan untuk mencetak kartu identitas dan SIM. Artinya Short bisa memanfaatkan barang curiannya itu untuk memalsukan identitas.

Pihak Digimarc menolak memberikan keterangan tentang bagaimana cara Secret Service bisa mendengarkan panggilan pelanggannya. “Demi kenyamanan pelanggan kami, dan karena ini menyangkut masalah kriminal, kami menolak berkomentar terhadap kasus ini,” ujar Leslie Constans, juru bicara Digimarc. ( wsh / wsh )

Rabu, 24/10/2007 08:52 WIB
Fransiska Ari Wahyu – detikinet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s