Situs Negatif Diblok, APJII Tak Takut ‘Kelaparan’

Jakarta – Mendengar rencana pemerintah yang bakal memblokir trafik situs-situs negatif, tak membuat Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) khawatir hal itu akan membuat para pelanggan mereka kabur. APJII justru siap mendukung.

Ketua Umum APJII Sylvia Sumarlin mengaku, selama ini para pelanggan penyedia jasa internet (internet service provider/ISP) memang tidak ingin akses lalu lintas internet mereka dibatasi. “Pengguna menuntut untuk tidak diblok, karena mungkin mereka berfikir, mereka kan sudah bayar,” ujarnya.

Tapi, jika nantinya pemerintah mengeluarkan suatu peraturan yang di dalamnya harus memblok situs-situs yang dinilai negatif, maka APJII mengaku siap untuk menjalankannya.

“Tak khawatir pelanggan kita akan kabur, karena jika mereka lari mencari penyedia layanan internet lain kan sama saja juga harus menjalankan aturan tersebut,” tukas Sylvia kepada detikINET, Selasa (18/3/2008).

Namun, lanjutnya, untuk implementasi pemblokiran situs negatif ini dinilai bakal menguras tenaga dan waktu. “Jumlah situs itu kan ribuan, kalau mau memblok-nya gampang tapi pendeteksiannya itu loh yang lama. Jadi kalau namanya (alamat situs-red.) sudah ada, ya gak masalah,” imbuh Sylvia.

Sementara ketika ditanya efektif atau tidak langkah yang diambil pemerintah ini? Sylvia menjawab, hal itu kembali lagi ke masalah moral. “Selain diblok, pengguna juga perlu kita didik dengan edukasi,” tandasnya. ( ash / wsh )

Selasa, 18/03/2008 17:12 WIB

Ardhi Suryadhi – detikinet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s