Telkom Siap Dukung Pemerintah Blokir Situs Negatif

Jakarta – Pemerintah berencana untuk bekerja sama dengan perusahaan penyelenggara jasa internet (Internet Service Provider atau ISP) untuk memblok trafik terhadap situs-situs negatif.

Telkom sebagai salah satu penyedia jasa layanan internet menyambut baik usulan ini. “Apa yang diinginkan pemerintah tentu saja ini harus didukung supaya informasi yang diperoleh informasi yang bermanfaat dan menambah ilmu pengetahuan,” ujar Vice President Public & Marketing Communication Telkom, Eddy Kurnia kepada detikINET, Senin (17/3/2008).

Eddy mengaku, untuk kedua layanan produk internet Telkom — Telkomnet Instant dan Speedy — sudah ada semacam ‘warning’ ketika pengguna mengakses situs negatif. “Secara teknologi memang bisa dilakukan filter, tapi ini lebih ke mentality dan proses,” imbuhnya.

Meski demikian, sampai saat ini Telkom belum menjalankan pemblokiran tersebut. “Ada hambatannya, itu sesuatu yang massal dan akses yang begitu banyak dengan pelanggan jutaan untuk internet ini,” kilahnya.

Sebelumnya, pemerintah mengatakan siap memblokir akses internet ke situs-situs yang dianggap berdampak negatif bagi psikologis masyarakat dalam waktu dekat ini.

Menteri Komunikasi dan Informatika Mohammad Nuh bahkan mengaku telah menyiapkan seperangkat aturan untuk menangkal akses ke situs tersebut. ( ash / ash )

Senin, 17/03/2008 17:31 WIB 
Ardhi Suryadhi – detikinet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s