Sepeda Komputer Bikin Acara Genjot Gak Ngos-ngosan

Taipei – Meski banyak sarana transportasi alternatif bermunculan, sepeda masih diandalkan banyak orang. Sebuah teknologi berbasis komputer pun dikembangkan agar orang kian nyaman menggenjot sepeda kesayangannya.

Dikutip detikINET dari TechRadar, Rabu (14/1/2009), para peneliti di National Defense University, Taiwan, menengarai hanya sedikit orang yang bisa tepat mengganti gigi sepeda sehingga dapat menggenjot pedal secara efisien.


Untuk itulah, mereka mengembangkan sistem komputer algoritma yang ditautkan pada sepeda. Dijanjikan, sistem ini bakal membuat pengeluaran energi lebih efisien dan acara memakai sepeda kian menyenangkan.

Pasalnya, sistem komputer itu akan memberitahu kapan saat yang paling pas untuk ganti gigi. Teknologi yang ditautkan pada sepeda juga bakal otomatis menyesuaikan dengan berbagai kondisi jalan. Uji coba telah sukses dilakukan dalam simulasi.

Dengan demikian, pengendara sepeda tidak perlu menguras energi secara berlebihan sehingga malah jadi ngos-ngosan. Sayangnya, belum disebutkan kapan sepeda dengan teknologi semacam ini akan dipasarkan pada publik. ( fyk / ash )

Sumber :
http://www.detikinet.com

Leave a comment