Virus ‘Berisik’ Ejek Komputer Korban

Jakarta, Sebuah program jahat yang baru teridentifikasi tak hanya bisa menghilangkan data komputer korban. Program ini bisa disebut ‘berisik’ karena mampu mengeluarkan bunyi ejekan yang tentu saja tidak sedap didengar telinga.

Adalah Trojan BotVoice.A, program jahat ini pertama kali ditemukan oleh Panda Software minggu lalu. Untuk bisa melancarkan serangannya, trojan ini harus ter-download dahulu oleh komputer. Serangan akan dimulai ketika trojan sudah terinstalasi di komputer.


Si trojan nakal tersebut lalu akan mencoba menghapus semua data pada hardisk komputer korban. Pada saat yang sama, sebuah suara aneh bernada ejekan akan terdengar terus menerus.

“Kamu telah terinfeksi. Kuulangi lagi, kamu telah terinfeksi dan semua data dalam sistemmu akan terhapus. Maaf, semoga harimu menyenangkan dan selamat tinggal.” Demikian bunyi ejekan virus tersebut.

Menurut perusahaan Panda, ejekan ini dilakukan dengan memanfaatkan sebuah program text reading yang menjadi bagian dari sistem operasi Windows. Pengguna Windows 2003, XP, 2000, NT, ME, 98 dan 95 pun semuanya beresiko terkena serangan trojan ‘gila’ ini.

BotVoice.A menyebar antar jaringan komputer dan juga lewat media penyimpanan seperti USB (Universal Serial Bus) ataupun CD-ROM.

“Berita bagusnya, trojan ini tak akan menyebar terlalu luas karena semuanya sekarang berorientasi keuntungan. Tidak banyak uang yang bisa diraup dengan mengejek seseorang,” kata Roger Thompson, Chief Technology Officer di Exploit Prevention Labs, Inc. seperti dikutip detikINET dari PC World, Jumat (6/7/2007).(dwn/dwn)

Jumat , 06/07/2007 12:31 WIB
Fino Yurio Kristo – detikInet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s